Jalankan Fungsi Kontrol Harus Sesuai Kode Etik

Kamis, 10 Februari 20110 comments

Puncak acara peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-27 Kabupaten Lamongan digelar di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Kemarin malam (9/2). Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifulah Yusuf (Gus Ipul) juga menyempatkan hadir pada acara tersebut. Tarian khas daerah Lamongan Parengan, menyambut kedatangannya di dalam ruangan pendopo.

            Dalam acara yang mengusung tema kebebasan pers dari dan untuk rakyat tersebut, tampak hadir Bupati Lamongan Fadeli bersama istri, Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin bersama istri. Juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Lamongan Makin Abbas, Unsur Muspida Kabupaten Lamongan, Asisten Sekda, Pimpinan SKPD Kabupaten Lamongan, Camat se-Kabupaten Lamongan, dan para undangan rekan-rekan pers se-Kabupaten Lamongan dari berbagai media massa.

            Pada sambutannya Gus Ipul menyampaikan, keberadaan wartawan sebagai pilar demokrasi mempunyai peranan penting untuk ikut membantu dalam mensukseskan pembangunan, karena itu pers harus menjalankan tugasnya sesuai kode etik yaitu melakukan fungsi kontrol terhadap pelaksana pembangunan di sejumlah daerah.

            “Wartawan itu bisa membuat orang terkenal atau menjadikan tokoh. Mereka juga membuat pejabat yang tidak bekerja menjadi bisa bekerja atau bahkan bisa sebaliknya menjungkir-balikkan,” ujarnya.

            Fadeli menambahkan, dengan kemajuan teknologi pada saat ini akses kecepatan informasi khususnya berita, menjadi sangat penting untuk diketahui ditengah-tengah masyarakat. “Dengan perkembangan teknologi informasi, kecepatan informasi dan berita yang disajikan oleh rekan-rekan wartawan selalu ditunggu oleh masyarakat, Berangkat dari itu, pers memainkan peran untuk menjebatani serta bisa menjadi penghubung antara Pemerintah dengan masyarakat,” katanya.  

Sementara itu peringatan HPN ke-27 tahun ini di Lamongan berlangsung lebih semarak. Pasalnya agenda HPN dimulai dengan turnamen futsal yang diikuti sebanyak 32 tim yang digelar di lapangan futsal Gibol Kabupaten Lamongan beberapa waktu yang lalu serta bhakti sosial (baksos) berupa kegiatan donor darah yang diikuti oleh umum.

“Pada kegiatan turnamen futsal kali ini, juara 1 diraih tim futsal dari Dinas Pendapatan Kabupaten Lamongan, juara 2 Bank Daerah Kabupaten Lamongan, juara 3 Kodim 0812 Kabupaten Lamongan, dan juara 4 Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan sebagai perwakilan seluruh Kecamatan yang ada di Lamongan,” pungkas Muhajirin selaku ketua panitia HPN di Lamongan. Pada akhir acara dilakukan penyerahan piala dan hadiah masing-masing kepada keempat pemenang dan karikatur kepada Fedeli dan gus Ipul sebagai cinderamata.           

 

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ekonik3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger