Legende dan Realiteit SEKITAR PROKLAMASI 17 AGUSTUS (2, HABIS)

Senin, 25 Agustus 20080 comments

Di Rengasdengklok tidak ada perundingan suatu pun. Di sana kami menganggur satu hari lamanya, seolah-olah mempersaksikan dari jauh gagalnya suatu cita-cita yang tidak berdasarkan realiteit. Tetapi, kalau ada satu tempat di Indonesia di mana betul-betul ada perampasan kekuasaan, tempat itu ialah Rengasdengklok. Atas anjuran Sukarni atau dari Jakarta, pasukan Peta di sana menangkap dan menawan Wedana yang berkuasa di sana beserta dua atau tiga orang Jepang "Sakura" yang mengurus hal beras. Kebetulan pula hari itu Sutardjo Kartohadikusumo, yang pada waktu itu menjadi Shuchokan Jakarta, singgah di Rengasdengklok untuk memeriksa keadaan persediaan beras, dan ia ikut ditawan. "Coup d'etat" ini terjadi dalam keadaan aman dan tenteram, sehingga tak banyak orang yang mengetahui. Mungkin seorang yuris yang tajam pandangannya akan bertanya: Untuk siapa dan atas nama siapa Peta itu merebut kekuasaan setempat? Untuk dan atas nama Indonesia Merdeka? Indonesia Merdeka pada hari itu belum lahir. Pemerintah revolusioner pun belum ada!
Waktu sore datang Mr. Subardjo sebagai utusan Gunseikanbu menjemput kami. Sukarni tidak menentang. Demikianlah malam itu kami kembali ke Jakarta disertai juga oleh Sutardjo dan Sukarni sendiri. Satu-satunya soal yuridis yang timbul ialah pertanyaan kepada pasukan Peta di sana: "Apa yang akan diperbuat dengan Wedana yang ditawan?" Kami jawab lepaskan saja ia. Dari mulai malam itu juga pimpinan Revolusi, yang akan bermula, jatuh kembali ke tangan Sukamo-Hatta.

Liwat tengah malam setelah mengadakan perundingan lengan Sumobucho di mana ternyata Jepang telah nengambil sikap sebagai juru kuasa yang menerima perintah dari Sekutu, diadakan pertemuan yang dihadiri oleh segala anggota Badan Persiapan, wakil-wakil pemuda dan wakil-wakil beberapa golongan dalam masyarakat. Dalam sidang ini atas anjuran golongan pemuda ditetapkan dengan suara bulat, bahwa Proklamasi Indonesia Merdeka hanya ditandatangani oleh Sukarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10 pagi (waktu Indonesia) isi Proklamasi itu dimaklumkan kepada khalayak, disusul dengan menaikkan bendera "Sang Merah Putih".

Pemuda, mahasiswa, pegawai Indonesia pada jabatan perhubungan yang penting giat bekerja menyiarkan isi proklamasi itu ke seluruh daerah. Dan wartawan Indonesia yang bekerja pada Domei menyiarkan Proklamasi Indonesia Merdeka ke luar negeri.

Maka Revolusi mulai berjalan!

Keesokan harinya Badan Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang telah ditambah anggotanya dengan putusan sendiri mulailah bekerja menyusun sendi pemerintahan negara.

Ditinjau dari bukti-bukti yang nyata, pernyataan kemerdekaan Indonesia tidak menjadi soal. Yang menjadi soal itu ialah caranya.

Golongan pemuda di Jakarta yang bemama Angkatan Pemuda Indonesia (Api), mahasiswa dari Sekolah Tinggi Kedokteran beserta golongan Sjahrir berpendapat setelah diketahui Jepang menyerah, bahwa Proklamasi Indonesia Merdeka dilakukan "secara revolusioner", y.i. lepas dari segala yang berbau buatan Jepang. Indonesia buatan Jepang pasti dibasmi oleh Sekutu. Bukan Panitia Persiapan Kemerdekaan yang harus melakukannya, akan tetapi Bung Kamo sendiri seebagai pemimpin rakyat menyatakan dari muka corong radio ke seluruh dunia bahwa Indonesia merebut kemerdekaan dari kekuasaan Jepang.

Menurut pendapat kami, Proklamasi Indonesia Merdeka harus ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, karena mereka dianggap mewakili seluruh Indonesia. Jika perIu ditambah dengan beberapa anggota lainnya yang mewakili berbagai golongan dalam masyarakat. Sekalipun utusan-utusan dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Sunda Kecil, dan Maluku itu diangkat oleh Jepang, suara yang mereka perdengarkan untuk menyatakan Indonesia Merdeka adalah suara dan cita-cita rakyat. Dengan ikutnya mereka terdapatlah simbol persatuan seluruh Indonesia. Rasa persatuan ke dalam itu lebih penting daripada pertimbangan yuridis dari luar apakah badan ini diangkat oleh Jepang atau tidak.

Soal masa datang yang harus dihadapi bukanlah soal terhadap Jepang yang tidak berkuasa lagi, melainkan sikap terhadap Sekutu yang akan mengembalikan kekuasaan Belanda atas Indonesia. Sebab itu persiapan revolusi bukanlah seharusnya ditujukan kepada Jepang yang sudah masuk zaman yang lampau, melainkan terhadap Belanda yang akan kembali menjajah.

Demikianlah perbedaan pendapat yang principieel antara golongan Sukamo-Hatta yang dianggap menempuh jalan legal dan golongan Api-Mahasiswa-Sjahrir yang menganggap jalan mereka revolusioner.

Dipandang dari jurusan yuridis-formeel, memang sikap yang kemudian ini "revolusioner" kelihatannya, Indonesia Merdeka adalah hasil tindakan sendiri dan bukan buatan Jepang.

Akan tetapi ditinjau dari keadaan nyata, alasan yuridis-formeel itu tidak benar artinya. Revolusi tidak berhitung dengan soal yuridis-formeel, melainkan dengan tenaga dan kekuatan yang ada. Orang Belanda yang mau mengembalikan kekuasaannya ke Indonesia tidak menimbang-nimbang apakah kemerdekaan itu buatan Jepang atau buatan Indonesia sendiri. Bagi mereka tiap-tiap revolusi yang akan melenyapkan kekuasaannya adalah antigezag dan harus dibasmi.

Suatu bukti nyata, yang tidak dapat ditiadakan dengan alasan yuridis-formee1, ialah bahwa persiapan untuk Indonesia Merdeka sudah bermula di dalam zaman Jepang. Undang-Undang Dasar yang berlaku lima tahun dalam Republik Indonesia diperbuat dalam zaman Jepang oleh Panitia Penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia, Panitia Persiapan yang bersidang sesudahnya Proklamasi Agustus 1945 hanya mengadakan beberapa perobahan saja yang tidak mengenai pokok.

Dan apabila benar orang menghendaki tindakan yang betul-betul revolusioner, lepas dari perhubungan dengan masa yang lampau, maka seharusnya proklamasi dilakukan oleh orang-orang baru sama sekali yang namanya tidak tersangkut dengan kerja-sama dengan Jepang. Setidak-tidaknya bukan oleh Sukarno-Hatta. Akan tetapi dalam hal ini kombinasi Api-Mahasiswa-Sjahrir tak sanggup. Mereka tidak opgewassen menghadapi situasi revolusioner yang mereka ciptakan sendiri. Inilah kelemahan mereka dalam batinnya. Mereka terpaksa juga bergantung kepada Sukarno-Hatta untuk mencapai suatu tindakan revolusioner memproklamirkan Indonesia Merdeka. Atau, sebagaimana sikap Sjahrir kemudian, ia memisahkan diri, tidak ikut proklamasi dan tidak aktif dalam politik sesudah Proklamasi, menolak keangkatannya menjadi Komite Nasional, mengambil sikap menunggu waktu yang baik. Sikap ini bukanlah sikap yang dapat disebut menyelenggarakan revolusi, karena untuk revolusi tak boleh waktu terbuang.

Kelemahan batin kombinasi-tiga tadi, yang merasa mampu menyelenggarakan sendiri suatu tindakan mereka ciptakan, menetapkan dari semulanya kegagalan segala tindakan mereka yang berikut. Golongan Api yang dipimpin oleh Sukarni, Chairul Saleh, Adam Malik dan Wikana yang disertai juga oleh Dr. Muwardi sonder barisan bantengnya, mau memaksa Bung Kamo jadi boneka untuk melakukan segala kemauan mereka. Taktik mereka ialah gertak dan intimidasi. Di sini mereka membuktikan tidak mengerti hukum revolusi, bahwa revolusi tidak dapat dipimpin oleh seorang boneka. Maunya langsung dipimpin sendiri, dengan tanggung jawab penuh. Revolusi hanya berhasil jika dikemudikan oleh pemimpin yang tahu apa maunya, pandai memperbuat perhitungan yang tepat dan pandai mengukur tenaganya sendiri terhadap tenaga lawannya.



Kelemahannya pula ialah bahwa kombinasi-tiga ini tidak tahu satu dalam tujuannya dan dalam semangatnya. Golongan Sjahrir yang kemudian berpendapat tindakan Sukarni c.s. itu menuju khaos dan anarkhi, melepaskan diri dari tindakan bersama tadi dan -- seperti disebut di atas -- mengambil sikap menanti. Golongan mahasiswa pun insaf kemudian, bahwa mereka diperalatkan saja oleh Sukarni c.s. dan ditipu dengan gambaran yang tidak benar tentang keadaan politik dan tenaga perjoangan rakyat. Hati pemuda yang revolusioner-romantik dan perwira dipikat oleh Sukarni dengan keterangan, bahwa tanggal 16 Agustus pukul 12 tengah hari 15000 rakyat akan menyerbu ke kota dan itulah saat yang baik bagi Peta dan pemuda untuk beserta merubuhkan pemerintahan Jepang. Pelajar-pelajar ini mengira, bahwa Peta seluruh Jawa telah siap untuk mengadakan coup d' etat yang direncanakan, bahwa pemuda seluruh Jawa berdiri di belakang Api. Akan tetapi keadaan yang sebenamya ada lain. Pada saat yang ditentukan itu tidak ada yang terjadi, di Jakarta maupun di luamya. Tak ada 15000 rakyat yang bergerak ke kota, tak ada Peta yang bertindak, gerakan pemuda di tempat-tempat lain tak tahu apa yang direncanakan oleh Api. Mahasiswa yang kecewa tadi berbalik membelakangi Sukami c.s. Dalam pembentukan Komite Nasional Pusat tanggal 19 Agustus, ketuanya menyatakan

dengan resmi, bahwa golongan mahasiswa berdiri di belakang Sukamo- Hatta.



Jauh daripada suatu kemenangan dari pemuda, penculikan Sukarno dan Hatta ke Rengasdengklok dan kembalinya hari itu juga ke Jakarta adalah suatu pembuktian kepada sejarah daripada bangkrutnya suatu politik dengan tiada perhitungan, yang semata-mata berdasar pada sentimen. Pernyataan pula daripada politik-tidak-mampu! Karena penculikan itulah maka Proklamasi Indonesia Merdeka, yang mulanya kami tetapkan tanggal 16 Agustus, jadi terlambat satu hari.



Dengan kupasan di atas kami tidak bermaksud mengecilkan jasa pemuda dalam perjoangan kemerdekaan Indonesia. Jasa pemuda kita besar sekali. Juga mereka, yang tindakannya tidak se1alu saya setujui dan bertentangan dengan pendirian kami, dapat saya hargai jasanya menurut nilainya. Sikap mereka yang mau benar sendiri dan segera curiga kepada pendirian yang berlainan, banyak menyulitkan jalannya perjoangan. Akan tetapi apabila semangat mereka tidak begitu meluap-luap pada permulaan Revolusi Nasional kita, maka sukarlah kiranya menghidupkan perjoangan rakyat yang begitu hebat, hingga sanggup menderita bertahun-tahun lamanya.



Kegiatan pemuda bertindak dan mendesak menjadi pendorong bagi pemimpin-pemimpin untuk sadar akan tanggung jawabnya dan mengundurkan diri kalau ia tak mampu. Tidak dapat disangkal, bahwa pemuda dan rakyat beserta alat-alat negara Republik Indonesia adalah motor daripada Revolusi Nasional kita. Gambaran bahwa hanya pemuda yang memegang obor Revolusi adalah gambaran yang salah.



Ada golongan pemuda yang berkehendak dari semulanya, supaya pimpinan revolusi di tangan mereka. Tetapi apabila pimpinan itu tidak diperoleh, janganlah disalahkan pada orang lain. Carilah keterangannya pada diri sendiri dan pada hukum sejarah yang berdasarkan atas keadaan yang nyata, rnenempatkan tiap-tiap golongan pada tempat yang seukuran dengan kesanggupannya dan sesuai dengan rnentaliteitnya.



Pimpinan dalarn revolusi tidak dapat dituntut, melainkan diperoleh atas kepercayaan rakyat kepada pirnpinannya. Pilihan rakyat rnungkin salah, tetapi selama rakyat percaya pada pimpinannya, selama itu Revolusi dijunjungnya. Hanya kepercayaan rakyat akan kemenanganlah yang rnernbawa kemenangan bagi Revolusi.



("Mirnbar Indonesia", 17 Agustus 1951 , No. 32/33) (OD655-9)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ekonik3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger